Tips Dalam Memilih Rumah Dijual di Cibodas

Tips Dalam Memilih Rumah Dijual di Cibodas! Rumah memang menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia. Karena rumah merupakan tempat di mana manusia akan tinggal dan berkumpul bersama keluarga. Tidak heran jika semakin bertambahnya waktu pun banyak manusia yang tetap ingin memiliki rumah pribadi.

Membeli rumah pun bukan menjadi hal yang mudah. Memerlukan perhatian yang lebih agar kamu tidak salah beli dan menyesal kemudian. Termasuk untuk orang yang tinggal di Cibodas. Bagi kamu yang sedang ingin membeli rumah, ada baiknya jika kamu mengetahui tips dalam membeli rumah. Berikut ini ulasannya, yuk disimak!

Melihat Track Record Developer

Ketika hendak membeli rumah dijual di Cibodas, banyak dari kita yang akan menggunakan developer karena pengurusannya yang mudah. Namun, sebelum melakukan kerja sama dengan developer, kamu harus memastikan bahwa developer tersebut merupakan developer yang  terpercaya. Yaitu dengan cara melihat track record dari developer tersebut. Kamu bisa mencarinya di website resmi mereka atau review yang biasanya tersedia di internet.

Melihat Reputasi  Developer

Selain melihat track record dari developer di Cibodas, kamu bisa melakukan penelitian menngenai  reputasi dari developer. Untuk melihat reputasi developer, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan antara lain melihat ijin yang dimiliki oleh developer yaitu Ijin Peruntukan Tanah yang terdiri dari Ijin Lokasi, Aspek yang dipakai sebagai penata- gunaan dari lahan, Site Plan yang sudah disahkan dan Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah (SIPPT).

Selain surat-surat perizinan, harus tersedia juga prasarana, situasi yang  sangat matang, minimal surat tanah yang dimiliki adalah SHGB dan GHB untuk induk perusahaan,  dan IMB induk. Itulah tips dalam memilih rumah dijual di Cibodas.

Tidak Terburu-buru Membayar DP

Biasanya jika hendak membeli sesuatu, kita pasti ingin segera membayarnya meski hanya sekadar DP. Alasannya tentu saja agar merasa tenang. Namun, untuk membeli sebuah rumah, kamu mesti menahan diri terlebih dahulu untuk tidak terburu-buru dalam membayarkan DP ketika KPR masih belum disetujui oleh pihak bank.

Saat kamu membeli rumah dijual di Cibodas, dan mendapatan developer yang bekerja sama dengan bank, ini tidak berarti bank akan menyetujui KPR yang kamu ajukan. Kamu bisa membayarkan DP ketika memang KPR sudah disetujui oleh bank di Cibodas.

Tidak  Dapat Melakukan  Take Over KPR Apabila Sertifikat Belum Balik Nama

Saat kamu belum melakukan balik nama ketika hendak membeli sebuah rumah di Cibodas, maka ketika mengajukan take over kredit akan sulit untuk disetujui oleh pihak bank. Karena bank yang saat mengambil alih kredit atau take over, bank akan  meminta sertifikat yang sudah terdapat nama pemilik yang akan melakukan over kredit.

Dengan balik nama dari rumah dijual  di Cibodas, bank akan  mudah untuk mengikat rumah tersebut untuk dijadikan sebagai  jaminan dan resmi di mata hukum.

Memang, ada beberapa bank yang mau menerima take over meski belum balik nama apabila bank sudah melakukan kerja sama dengan pengembang. Namun, tetap saja harus memastikannya lagi masing-masing saat proses berlangsung.

Memiliki Beberapa Risiko

Ketika kamu menggunakan jasa developer, kamu harus mengetahui ada beberapa risiko yang bisa kamu terima. Yaitu rumah tidak jadi padahal sudah dibayar lunas, meski risiko ini memang jarang terjadi, tetapi tetap saja masih bisa terjadi. Maka dari itu, kamu harus memilih developer yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Adapula risiko lain yaitu rumah dijual di  Cibodas yang terlambat jadi. Memang hal ini sangat sering terjadi karena banyak alasan. Maka sebelum perjanjian disetujui, pastikan kamu memperhatikan denda developer jika terlambat menyerahkan rumah.

Risiko yang sangat sering terjadi selanjutnya yaitu rumah yang sudah jadi, tetapi tidak sesuai dengan standar yang dijanjikan. Sebuah developer yang terpercaya biasanya akan memberikan beberapa bulan untuk retensi setelah serah terima rumah.

Selama kamu berada di dalam masa retensi, kemudian ada kerusakaan bangunan maupun hal lain yang buruk dan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan, hal ini masih tanggung jawab dari developer. Namun, kamu harus memperhatikan bahwa hal ini terdapat di surat perjanjian.

Karena banyaknya risiko yang bisa terjadi itu, seorang pembeli rumah dijual di Cibodas harus lebih mempelajari mengenai wanprestasi yang wajib dilakukan oleh developer ketika terjadi risiko-risiko tersebut.

Kewajiban untuk developer, biasanya kamu temukan pada surat perjanjian jual-beli rumah yang pembeli tanda tangani. Sekali lagi, pembeli harus benar-benar membaca surat perjanjian jual-beli dengan teliti atau PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli).

Menyegerakan Pembuatan AJB

Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah pasal 37 Nomor 24 tahun 1997 mengenai Pendaftaran Tanah. AJB atau Akta Jual Beli adalah bukti yang sah bahwa hak dari tanah dan juga bangunan sudah berganti pemilik. AJB pun merupakan bukti yang legal bahwa pembeli sudah menjadi pemilik yang sah dari rumah tersebut.

Pembuatan AJB bisa langsung dilakukan ketika beberapa hal sudah dibereskan. Di antaranya adalah bangunan rumah dijual di Cibodas sudah jadi berdiri, pembeli sudah membayar lunas rumahnya, dan Permohonan Hak Guna Bangunan untuk tanah sudah selesai diproses.

Mudahnya, saat bangunan rumah yang kamu beli sudah selesai dibangun, kamu boleh langsung meminta developer untuk membuatkan AJB.

Mengurus Surat-Surat Penting Untuk Rumah

Saat AJB sudah selesai dibuat, kamu harus segera  mengurus SHM. Karena awalnya, bangunan dan tanah yang kamu beli dari developer memiliki Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB. Perbedaannya, SHGB memiliki jangka waktu sedangkan SHM tidak.

SHGB ini berlaku hanya 30 tahun, kemudian bisa diperpanjang satu kali dengan jangka 20 tahun. Maka kamu hanya akan dapat memiliki rumah selama 50 tahun. Maka, segera urus SHM. Selain itu, kamu pun bisa mengurus langsung IMB.

Itulah ulasan mengenai tips memilih rumah dijual  di Cibodas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *